Selamat datang diblo saya

Selasa, 06 Agustus 2013

bukan karena golongan darah

postinganku tentang Mimpi menarik komentar beberapa orang. Ya sih bener, kalimatku bernada terlalu pesimis dengan menghakimi diri sendiri. padahal itulah menyebabkan banyak orang terjebak dengan keterbatasan. Nah, kalau maksudku dalam menjelaskan sifat golongan darah O bukan apa-apa koq. Sebagai golongan darah O, aku tidak berhak menggeneralisir orang dengan karakter yang aku miliki sekarang. karena memang yang membentuk karakter bukan golongan darah kan. 
karakter atau kepribadian tidak dibentuk oleh golongan darahnya, seseorang mengambil keputusan bukan karena golongan darahnya A,B, AB atau O. Memangnya kita tau golongan darah kita dulu sebelum kita mengambil keputusan? Apapun golongan darahnya, minumannya teh botol... eh.. maksudnya apapun golongan darahnya bisa jadi mereka mengambil keputusan yang sama atau sebaliknya mau golongan darahnya sama, bisa jadi mereka mengambil keputusan yang berbeda. 
nah, sekarang apa yang menyebabkan dua orang menyikapi suatu kejadian dengan respon yang berbeda? misalnya begini, dua bersaudara wanita muslim yang sudah baligh keluar rumah. kita namanyakan aja mereka sakura sama Ino. Si sakura memakai pakaian biasa baju dan celana, sedangkan si Ino memakai pakaian muslimah jilbab dan kerudung. padahal keduanya sama-sama muslim, kenapa mereka menanggapi satu kejadian yaitu keluar rumah dengan respon yang berbeda?

karena pemahamannya
Cakep! karena pemahaman keduanya berbeda. Terus apa yang membentuk pemahaman? bisa jadi saat sekolah Sakura suka bolos sampai dia ga dengar penjelasan gurunya tentang menutup aurat sedangkan Ino ternyata siswi yang rajin di Konoha. atau sebenarnya dua-duanya mendengarkan penjelasan gurunya tapi Sakura tidak benar-benar paham bahwa menutup aurat adalah kewajiban baginya dan dosa jika ditinggalkan.

see... jadi jangan heran, selalu ada konflik diantara manusia, sebab tingkat pemahaman mereka berbeda-beda, orang yang mereka temui, informasi yang mereka dapatkan, kemampuan pengindraan terhadap fakta juga berbeda-beda.

Nah, apa pesan dari tulisan ini. berhati-hatilah di Jalan... eh maksud saya berhati-hati dalam mempercayai informasi sebab dia salah satu hal yang akan mempengaruhi pemahamanmu. tapi disisi lain, cari informasi sebanyak yang kamu bisa, agar informasi yang kamu dapatkan tidak setengah-setengah dan kamu mampu untuk menyikapi sesuatu.

sekali lagi, bukan salah golongan darah kalau sampai sekarang kita belum move on!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar